Langsung ke konten utama

Tentang Terapi Online?

Terapi ABA untuk anak dengan autisme menyaratkan sistem one on one dimana satu anak dilayani oleh satu orang terapis. Keterbatasan terapis dan pondok terapi mengakibatkan banyak anak dengan autisme tidak tertangani dengan segera.

Untuk mengatasi masalah keterbatasan terapis dan lokasi pondok terapi terlalu jauh dari domisili maka dikembangkan metode Terapi Online. Sehingga, semakin banyak anak dengan autisme dapat ditangani dengan segera. Terapi online menggunakan kurikulum dan teknik yang sama dengan terapi kelas namun dilaksanakan oleh orang tua/pendamping di rumah dipandu oleh terapis berpengalaman secara online.

Di Pondok Anak Manis, secara umum terapi online dilaksanakan sebagai berikut:
  • Berdasarkan kondisi masing-masing anak, terapis Pondok Anak Manis membuat rencana terapi secara personal.
  • Secara bertahap orang tua/pendamping akan diberikan materi dan panduan untuk melakukan terapi di rumah.
  • Setiap selesai sesi terapi, orang tua/pendamping melaporkan hasil dan catatan terapi sesi bersangkutan.   
  • Terapis Pondok Anak Manis secara aktif mengevaluasi dan memandu proses terapi berdasarkan laporan terapi harian yang dikirim orang tua/pendamping.
  • Setiap 3 bulan, orang tua menjadwalkan sesi evaluasi dengan terapis Pondok Anak Manis. Evaluasi disarankan dilaksanakan secara langsung di Pondok Anak Manis dengan perjanjian terlebih dahulu. Tujuan pertemuan ini adalah untuk memvalidasi hasil terapi dan membuat rencana terapi ke depan.